Selasa, 06 Desember 2016

Pentingnya Pembelajaran Tematik untuk Siswa Sekolah Dasar



1.       Refleksi pembelajaran Saya yang berfokus pada hasil belajar siswa! (Boleh ranah sikap, pengetahuan, atau keterampilan).
·         Sikap
Salah satu cara pengembangan sikap dan keterampilan pada siswa sekolah dasar adalah dengan menciptakan suasana kelas dan sekolah yang mendukung secara optimal. Kelas merupakan pola-pola hubungan uang dikembangkan dalam proses interaksi atau aktivitas kelas yang menyangkut suasana sosioemosional yang berkembang dan dialami oleh anggota kelas, khususnya para siswa disaat mengikuti kegiatan pembelajaran. Pola hubungan yang diciptakan guru di kelas akan sangat menentukan suasana interaksi yang dialami siswa.
2.       Satu temuan paling menarik  yang Saya peroleh dari refleksi tersebut yang perlu dan penting dikomunikasikan ke orang lain melalui forum ilmiah tertentu.
Yang perlu saya komunikasikan dalam kontek “ sikap” disini, banyak sekali, karena sikap dari siswa tentunya berbeda-beda.

3.       Masalah tersebut Saya anggap menarik dan perlu dikomunikasikan ke orang lain, karena:
Karena menurut saya perlu dikomunikasikan kepada orang lain tentang permasalahan sikap yang mungkin banyak menjadi masalah terhadap pembelajaran di kelas. Contohnya, terdapat pada siswa yang mempunyai sikap sopan dan mau membantu. Sesuatu yang menarik bagi guru, sehingga perlu dikomunikasikan kepada orang lain.

4.       Untuk mendukung Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)masalah tersebut dapat dikomunikasikan dalam bentuk:
Dalam bentuk lisan , contohnya adalah apabila kita bisa dikomunikasikan dengan lisan mungkin akan menjadi efektif karena melalui lisan kita bisa dengan leluasa memberikan statement dengan baik. Setelah itu untuk mendukung PKB yang kita perlukan adalah penilaian sikap dariipada siswa tersebut dengan membuat penilaian sikap pada buku nilai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar