1. Refleksi pembelajaran Saya yang berfokus pada hasil belajar siswa!
(Boleh ranah sikap, pengetahuan, atau keterampilan).
·
Sikap
Salah satu cara
pengembangan sikap dan keterampilan pada siswa sekolah dasar adalah dengan
menciptakan suasana kelas dan sekolah yang mendukung secara optimal. Kelas
merupakan pola-pola hubungan uang dikembangkan dalam proses interaksi atau
aktivitas kelas yang menyangkut suasana sosioemosional yang berkembang dan
dialami oleh anggota kelas, khususnya para siswa disaat mengikuti kegiatan
pembelajaran. Pola hubungan yang diciptakan guru di kelas akan sangat
menentukan suasana interaksi yang dialami siswa.
2. Satu temuan paling menarik yang
Saya peroleh dari refleksi tersebut yang perlu dan penting dikomunikasikan
ke orang lain melalui forum ilmiah tertentu.
Yang perlu saya komunikasikan dalam kontek “ sikap”
disini, banyak sekali, karena sikap dari siswa tentunya berbeda-beda.
3. Masalah tersebut Saya anggap menarik dan perlu dikomunikasikan ke
orang lain, karena:
Karena menurut
saya perlu dikomunikasikan kepada orang lain tentang permasalahan sikap yang
mungkin banyak menjadi masalah terhadap pembelajaran di kelas. Contohnya,
terdapat pada siswa yang mempunyai sikap sopan dan mau membantu. Sesuatu yang
menarik bagi guru, sehingga perlu dikomunikasikan kepada orang lain.
4. Untuk mendukung Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)masalah
tersebut dapat dikomunikasikan dalam bentuk:
Dalam bentuk lisan
, contohnya adalah apabila kita bisa dikomunikasikan dengan lisan mungkin akan
menjadi efektif karena melalui lisan kita bisa dengan leluasa memberikan
statement dengan baik. Setelah itu untuk mendukung PKB yang kita perlukan
adalah penilaian sikap dariipada siswa tersebut dengan membuat penilaian sikap
pada buku nilai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar